Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak

Mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak
Mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak

Mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak –Berikut adalah manfaat/kegunaan, khasiat dari tanaman Pule pandak. Mungkin tanaman satu ini masih asing di telinga bagi sebagian orang. Nama latin tanaman ini adalah Rauwolfia serpentina Benth. Tanaman ini sering disebut dengan Akar tikus. Tumbuh pada daerah berdrainase baik pada ketinggian 50-300 m dpl.

Tanaman perdu rendah, tingginya 30-50 cm. Daun tunggal berbentuk anak tombak berujung lancip. Pada masa vegetatif, satu ruas terdiri dari 3 daun. Mahkota bunga bagian luar putih, bagian dalam beralur kemerahan, membentuk tabung kecil dengan bagian tengah berbentuk pundi-pundi. Membentuk karangan dipuncak batang, tapi pada masa vegetatif selanjutnya karangan bunga terdesak ke samping oleh kuncup hingga yang mula-mula terminalis akan berubah axialis. Buah batu berbiji dua yang menonjol, tampak dari luar, mula-mula hijau lalu merah dan akhirnya hitam mengkilat.

Kandungan dari Pule Pandak yaitu alkaloid, terdiri dari 3 yaitu alkaline kuat : quarterary ammonium compound serpentine, sarpagine dan samantine, penyerapan jelek jika digunakan per-oral ; tertiary amine derivate yohimbine, ajmaline, ajmalicine, tetraphylline dan tetraphyllicine ; alkaline lemah secondary amines reserpine, rescinnamine, deserpidine, raunesine dan canescine.

Akarnya meiliki rasa pahit, dingin, sedikit beracun. Penenang dan penurun tekanan darah, melancarkan sirkulasi, menghilangkan sakit, penurun panas dalam dan panas liver, anti radang. Batang dan Daun - Pahit, manis, sejuk. Menolak angin, menurunkan tekanan darah, melancarkan darah beku.

Manfaat dan Khasiat akar Pule Pandak

Cara mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak :

Cara membuat obat tradisional :
  1. Akar pule pandak 0,7 gram
  2. Air 110 ml
  3. Direbus sampai mendidih selama 15 menit
  4. Diminum 1 kali sehari 100 ml

Mengatasi Tekanan darah tinggi dengan Pule Pandak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown