Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Cara penyimpanan madu yang benar

Cara penyimpanan madu yang benar
Cara penyimpanan madu yang benar

Cara penyimpanan madu yang benar –Berikut adalah tips cara penyimpanan madu yang benar dan baik. Madu merupakan salah satu bahan makanan selain memiliki rasa yang sangat lezat, juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tak heran madu menjadi salah satu primadona para penikmat makanan yang dapat dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi beragam masakan yang lezat.

Sebagaian besar madu yang dijual di pasaran merupakan madu murni yang dikemas begitu saja ketika sudah diperas tanpa melalui proses pemanasan dan pengolahan lainnya. Para produsen madu lebih memilih untuk menjual madu tanpa diolah terlebih dahulu, karena apabila telah diolah maka kandungan dan rasa alami dari madu murni akan hilang.

Cara penyimpanan madu yang benar dan baik

Sebenarnya Madu murni, apabila disimpan secara tepat madu dapat bertahan hingga satu atau dua tahun tanpa mengalami kerusakan. Namun, masih banyak orang yang belum mengerti cara menyimpan madu yang benar.

Tips menyimpan madu yang benar :
  1. Untuk menyimpan madu, sedapat mungkin sediakan wadah yang terbuat dari kaca kedap udara. Sedapat mungkin jangan menggunakan peralatan yang terbuat dari logam karena zat asam yang ada di dalam madu mungkin bisa bereaksi dengan wadahnya sehingga madu menjadi beracun dan tidak bisa dikonsumsi. 
  2. Anda bisa menggunakan botol atau wadah lainnya yang dapat ditutup rapat. Sebelum memasukkan madu ke dalam wadah, pastikan wadah sudah streril dengan cara merebus atau mengukusnya kemudian didinginkan. Pastikan wadah dalam keadaan kering sebelum madu dimasukkan.
  3. Hindarkan madu dari panas secara langsung. Sedapat mungkin madu disimpan dalam suhu ruangan berkisar antara 20-25 derajat celcius. 
  4. Madu memiliki sifat anti bakteri yang mampu menjaganya agar tetap awet selama bertahun-tahun. Jika terkena panas, sifat anti bakteri ini akan lenyap sehingga tingkat keawetan madu akan berkuran.
  5. Jangan masukkan madu ke dalam lemari es karena madu akan mengkristal. Namun jika sudah terlanjur mengkristal, Anda dapat menghangatkannya sebentar agar kristalnya hilang. Sebenarnya kualitas madu tidak berkurang meskipun sudah mengkristal, tetapi bentuknya jadi kurang menarik.

Cara penyimpanan madu yang benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown