Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Manfaat telur puyuh

Manfaat telur puyuh
Manfaat telur puyuh

Manfaat telur puyuh –Berikut adalah Manfaat telur puyuh bagi kesehatan dan tubuh kita. Puyuh merupakan salah satu jenis unggas tepatnya burung yang dikelompokkan ke dalam kerabat Phasianidae. Ukuran tubuh burung ini medium, sedikit gemuk dan lebih banyak hidup di daratan. Burung puyuh sendiri mengkonsumsi biji-bijian. Namun mereka juga bisa memangsa serangga dan binatang berukuran kecil lainnya. Telur puyuh biasa dikonsumsi secara langsung maupun dimasak. Banyak jajanan seperti penjual kucingan yang menjual sate telur puyuh.

Kandungan gizi telur burung puyuh
  • Berdasarkan uji klinis, telur burung puyuh diketahui mengandung protein sebanyak 13,1%, karbohidrat sebanyak 1,0%, lemak sebanyak 11%, lutein juga zeaksantin, kolin, globulin dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kandungan yang kompleks tersebut, telur puyuh kemudian diketahui memiliki sederet khasiat.
Guna Manfaat telur puyuh bagi kita
  1. Sebagai sumber protein yang baik. Jumlah protein pada telur puyuh jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan protein ayam ataupun bebek. Keunggulan lainnya adalah daya cerna protein telur jauh lebih baik ketimbang sumber protein lainnya.
  2. Sebagai nutrisi otak terbaik sebab komposisi lemak, vitamin dan mineralnya sangat baik memelihara otak. Selain itu senyawa kolin di dalam telur puyuh juga ampuh memelihara sistem saraf sehingga kinerja otak jauh lebih optimal.
  3. Bagi anak-anak, telur puyuh berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak. Sedangkan bagi lansia, konsumsi telur puyuh bisa menjauhkan kepikunan.
  4. Sementara itu, bagi ibu hamil, disarankan mengkonsumsi telur puyuh sebab bisa merangsang perkembangan otak janin. Sehingga bayi kita akan sehat dan cerdas.
  5. Menjaga kesehatan mata.
  6. Mencegah perkembangan sel kanker dan juga tumor.
  7. Zat lutein yang ada pada telur puyuh bisa menghambat penuaan dini bahkan sampai 40%!

Manfaat telur puyuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown