Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Guna Klanding Atau Lamtoro

Guna Klanding Atau Lamtoro

Guna Klanding Atau Lamtoro
Guna Klanding Atau Lamtoro -Daun Klanding / Kemlandingan / Lamtoro akan menyegarkan kembali lagi pikiran anda dengan artikel ini. Ya, apalagi kalau bukan artikel tentang Guna/Manfaat daun-daun dan tanaman yang ada disekitar kita. Dan kali ini Sehelai Daun akan membahas tentang guna tanaman lamtoro.

Siapa yang tak mengenal dengan tanaman yang satu ini? Tanaman lamtoro tumbuh hampir di seluruh wilayah indonesia. Ia disebut pete selong atau pete cina di ranah Sumatera, Wong Jowo memanggil tanaman ini dengan sebutan Godong Klanding, di tanah Sunda tanaman lamtoro ini disebut peuteuy selong atau kamalandingan, sedangkan di daerah lain dipanggil melandingan. Ya masih banyak lagi nama-namanya tergantung dari mana daerahnya.

Rasa asal tanaman lamtoro ini tentu saja agak pahit dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman lamtoro antara lain adalah kalsium, lemak,fosfor, besi, protein serta vitamin A, B1 dan C. Sementara bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol.
Biasanya orang-orang mengembangbiakkan tanaman lamtoro dengan menyebarkan bijinya. Cara merawatnya pun relatif mudah. Tanaman lamtoro cukup disiram air secukupnya, dijaga kelembapan tanahnya dan dipupuk dengan pupuk organik.

Guna Klanding Atau Lamtoro

Guna Klanding Atau Lamtoro dapat digunakan untuk obat-obatan. Guna/manfaat tanaman lamtoro diantaranya adalah sebagai obat cacing, peluruh kencing, patah tulang, luka terpukul, susah tidur (insomnia), bengkak (oedem), radang ginjal, dan kencing manis. Akar tanaman lamtoro ini pun dapat dimanfaatkan sebagai peluruh haid.
Berikut Guna dari daun Lamtoro/Klanding selain untuk bahan makanan pembuat botok klanding J yaitu:

1. Kencing Manis
Seduh satu sendok teh bubuk biji tanaman lamtoro dengan ½ cangkir air panas. Minum hasilseduhan saat masih hangat, setengah jam sebelum makan sebanyak dua sampai tiga kali sehari.

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) dan Radang ginjal
Rebus atau seduh 3-5 gram serbuk biji tanaman lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, lalu minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan pengobatan tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

3. Bisul, Patah tulang, Abses paru, Luka terpukul, Susah tidur karena gelisah (Insomnia)
Rebus 10 gram seluruh bagian tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali sehari saat hangat.

4. Meluruhkan Haid
Rebus segenggam akar tanaman lamtoro dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

5. Meningkatkan gairah seks
 Kocok 1 sendok bubuk biji tanaman lamtoro, 1 sendok bubuk lada hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu sampai rata. Minum campuran tersebut sekaligus satu hari.

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain :

  1. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti Jeroan   (hati,ginjal,limpa,babat,dll).
  2. Menghindari makan buah durian,alpukat,nanas,air kelapa,jus sirsak.
  3. Hindari Minuman dan makanan beralkohol.
  4. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  5. Banyak minum air putih,karena Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  6. Bauh Manggis sangat baik untuk mencegah asam urat

Artikel yang berkaitan dengan Guna Klanding Atau Lamtoro, Khasisat Klanding Atau Lamtoro, Zat Klanding Atau Lamtoro, lamtoro, lamtoro gung, pohon lamtoro

Guna Klanding Atau Lamtoro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown