Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Guna Pohon Kersen

Guna Pohon Kersen
Guna Pohon Kersen
Guna Pohon Kersen -Pasti banyak yang tau tentang buah satu ini. Akan tetapi banyak juga yang mnyebutnya berbeda-beda. Maklum lah orang Indonesia itu berbeda-beda tapi tetep satu jua. Ada yang menyebutnya Keres, Kersen, Ceri (muntingia calabura) , dan masih banyak lagi. Intinya sama yaitu buah Kersen/ Ceri jawa.heheh.


Zat-zat yang terkandung dalam kersen:
Air,Protein, Lemak,Karbohidrat,Serat, Abu, Kalsium, Fosfor, Besi, Karoten, Tianin, Ribofalin, Niacin dan kandungan Vitamin C.

Selain guna dari kersen yang buahnya bias lagsung bias dimakan(tentunya kalau sudah matang merah-meriah), tanaman ini juga bisa digunakan sebagai tanaman hias, atau tanaman peneduh. Banyak warga yang menggunakan tanaman ini karena mudah sekali tumbuh di daerah tropis seprti Indonesia ini. Bisa juga untuk penghijauan kota, seperti penanaman pohon ini di pinggir jalan raya. Kemudian Guna dan Manfaat lain dari tanaman ini adalah sebagai berikut:


Guna Pohon Kersen

1. Antiseptik

Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik.

Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil.Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Radang

Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang dan juga menurunkan panas.


3. Antitumor

Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.


4. Asam Urat.

Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.


5. Antidiabetes
Daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air.


Semoga artikel Guna Pohon Kersen ini berguna bagi Anda yang membacanya..^_^..

Artikel yang berkaitan dengan guna pohon kersen, zat yang terkandung dalam pohon kersen, kersen taart, kersen buah, kersen asam urat, manfaat buah kersen, manfaat buah kersen bagi kesehatan


Guna Pohon Kersen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown