Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Guna Bunga Turi


Guna bunga Turi

Guna Bunga Turi
Guna Bunga Turi -Pohon Turi adalah salah satu tanaman yang banyak ditanam untuk peneduh, baik itu di kebun/sawah maupun di halaman rumah. Turi merupakan tananan asli Indonesia, tetapi kini banyak ditanam di Amerika Latin, Australia,dan Afrika Selatan.Pohonnya bisa tumbuh dengan cepat, sehingga dalam satu tahun saja turi sudah menghasilkan bunga dan polong. 
Dari banyak tumbuhan yang ada, turi tergolong tumbuhan yang hampir seluruh bagian pohonnya dapat dimanfaatkan. Kayunya menjadi bahan baku kertas, kayu bakar, dan arang.

Guna Bunga Turi
Bunga turi selain untuk makanan pecel juga masih banyak kegunaannya. Bunga turi juga bisa untuk  urapan dan bahkan untuk obat penyakit tertentu. Sebenarnya bagian keseluruhan Turi ini semuanya berguna. Contohnya daunya buat pakan hewan ternak, batangnya yang mengandung serat jika di pintal dapat menghasilkan benang dan dapat dibuat sebagai jala.

Guna Bunga Turi pada cairan daun dan batangnya sering digunakan sebagai obat kumur pembersih mulut dan kerongkongan. Getahnya, dalam bentuk tepung atau perasan, bersifat astrigen. Getah tersebut mengandung beberapa zat pewarna seperti agatin, basorin, dan zantoagatin.Di India, turi dianggap sangat berkhasiat. Semua bagian pohonnya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit buta senja karena mengandung banyak vitamin A.

Guna Bunga Turi khususnya daun turi oleh penduduk Jawa Tengah, biasa digunakan sebagai bahan pewarna tradisional. Daun turi juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan keputihan, sakit tenggorokan, kuku jari bengkak, batuk, dan mengatasi hidung berlendir atau sakit kepala.
Untuk meredakan demam nifas, daun turi ditumbuk, lalu air perasannya diminum. Bagian akarnya dimanfaatkan untuk batuk berdahak dan pegal linu.

Bunga turi yang mengandung vitamin B memang sangat baik sekali buat untuk sayur-mayur. Selain itu biji dari turi ini ternyata bias juga untuk pengganti kedelai, ya walaupun rasanya tidak seperti kedelai akan tetapi bias juga untuk pembuat tempe. Daunya yang bersifat tonik dalam ilmu kesehatan sehingga berguna sebagai obat kuat, diare, disentri, dan bias juga buat penyembuh perut kembung. Dan masih banyak lagi guna dari turi ini..


Artikel yang berkaitan Guna bunga turi, Guna daun turi, Guna batang turi, bunga turi, kembang turi, bunga turi merah, pohon turi, daun turi, bông so đũa, kacang turi, sesbania grandiflora

Guna Bunga Turi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown