Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Guna Batang Pisang

Guna Batang Pisang
Guna Batang Pisang

Guna Batang Pisang -Siapa yang tidak tahu nama tanaman ini. Selain banyak sekali guna dari buah tersebut, yang memiliki banyak kandungan glukosa yang sering kali dipakai untuk makanan akhir setelah makan setiap hari. Namun saat ini yang kita bahas adalah guna dari batang buah itu, pasti juga banyak orang yang belum tahu betul guna batang pisang ini. Dan ini beberapa guna dari batang pisang :

Guna Batang Pisang

Guna Batang Pisang Sebagai Bahan Masakan
  • Maksud dari untuk bahan makanan ini hanya untuk batang yang masih sangat muda, biasanya masih ditemukan di masakan daerah pedesaan. Masakannya berupa tumis, lodeh, dll.


Guna Batang Pisang Sebagai Pakan Ternak
  • Ternyata ternak Sapi, kerbau, sangat doyan dengan tanaman satu ini. Banyak sekali di pedesaan yang menjaga tanaman ini agar tidak dimakan saat ada yang mengembala. Jadi batang ini, bisa dijadikan pakan untuk ternak.


Guna Batang Pisang Sebagai Obat Kesehatan
  • Mungkin banyak sekali guna dari batang pisang ini. Mungkin kalian juga tau klo batang ini memiliki kandungan air/cairan.Berikut adalah guna batang pisang untuk kesehatan yaitu:


Berak darah karena panas dalam
  • Disentri, diare:Panaskan buah pisang batu (satu buah) pada abu dapur, potong-potong, lalu giling halus. Tambahkan setengah cangkir air masak sambil diaduk merata, lalu peras dan saring. Minum air perasannya. Lakukan tiga kali sehari.Kunyah beberapa lembar daun bunga pisang kapok, lalu telan cairannya.
  • Wasir berdarah,Perdarahan setelah melahirkan (perdarahan nifas),Pembersih sehabis melahirkan: Setelah batang semuanya ditebang, buat lubagng besar bonggol pisang yang tersisa didalam tanah. Kumpulkan cairan lubang tersebut, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari, masing-masing setengah cangkir. Akan lebih berkhasiat jika cairannya berasal dari bonggol pisang klutuk atau pisang kepok. Untuk mencegah perdarahan pada masa nifas, juga perlu makan pisang ambon secara teratur.


Guna Batang Pisang untuk rambut
  • Rambut rontok dan beruban: Untuk rambut yang halus dan kemerahan, keramaslah dengan sampo yang dibuat sendiri. Caranya, jemur kulit pisang mas (lima buah) sampai kering, lalu buat serbuk. Tambahkan satu butir telur ayam yang diambil merahnya saja dan satu cangkir air bersih, aduk merata. Gunakan untuk keramas. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.


Manfaat untuk obat
  • Radang ginjal, sifilis: Tambahkan air gula secukupnya pada satu cangkir cairan yang diperoleh dari batang semu, lalu minum.
  • Digigit ular berbisa: Cuci bonggol pisang raja sebesar kepalan tangan, lalu parut. Tambahkan satu sendok makan madu murni sambil diremas sampai merata. Peras dan saring, lalu minum cairan yang terkumpul sekaligus. Lakukan dua kali sehari.


Hal-hal diatas adalah beberapa Guna Batang Pisang. Mungkin masih banyak lagi kegunaanya. Semoga artikel Guna Batang Pisang diatas bermanfaat bagi teman-teman semua.Artikel yang berkaitan dengan Guna Batang Pisang, batang pisang, manfaat batang pisang, batang pisang untuk pakan ternak, kandungan batang pisang, serat batang pisang

Guna Batang Pisang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown