Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Guna Jantung Pisang

Guna Jantung Pisang
Guna Jantung Pisang

Guna Jantung Pisang -Pastinya Anda sudah tidak asing dengan buah pisang. Buah pisang mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ketik berbicara tentang jantung pisang, ternyata belum banyak orang yang mengenal bagian dari pohon pisang ini. Jantung pisang biasanya diolah menjadi bahan makanan. 

Masyarakat perkotaan mungkin jarang menemukan jenis makanan olahan dari jantung pisang. Namun bagi masyarakat desa, menu makanan jantung pisang sudah tidak asing lagi. Selain Guna Jantung Pisang sebagai bahan makanan, tahukah Anda manfaat jantung pisang untuk kesehatan? Tanpa Anda sadari, jantung pisang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Guna jantung pisang menurut ahli teknologi pangan dan gizi IPB (Institut Pertanian Bogor), jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, mineral (terutama fosfor, kalsium. dan besi) maupun vitamin seperti beta karotin, Vitamin B1 dan C. Sebagai sayur, jantung pisang juga mengandung serat pangan yang tinggi.
  • Mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit dan baik bagi penderita diabetes.
  • Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meninggkatkan pergerakan usus besar
  • Mengikat lemak dan kolesterol yang kemudian dikeluarkan melalui feses
  • Mengurangi resiko penyakit jantung.

Jantung pisang harusnya menjadi salah satu bahan yang patut lebih dipertimbangkan dari segi kegunaan sebagai sayuran yang dapat divariasikan dalam menu sehari-hari. Bahkan dapat dijadikan sebagai makanan alternative untuk para vegetarian karena seratnya yang cukup memadai. Bila dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan , jantung pisang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain kegunaan diatas ada lagi kegunaan jantung pisang bagi tubuh diantaranya sebagai berikut :
Guna Jantung Pisang
  1. Jantung pisang kaya akan karbohidrat, lemak, protein, serta mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi. Karena memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat mencegah obesitas.Jantung pisang juga mengandung banyak vitamin seperti beta karotin (pro vitamin A), Vitamin B1 dan juga vitamin C. Kandungan serat pada jantung pisang juga cukup tinggi. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada jantung pisang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh.
  2. Mengkonsumsi jantung pisang sangat baik dilakukan oleh orang yang sedang melakukan diet lemak. Kandungan serat pada jantung pisang akan memberikan rasa kenyang lebih lama bagi.
  3. Penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi jantung pisang karena jantung pisang memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah.
  4. Serat pada jantung pisang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Serat juga berfungsi untuk mengikat lemak dan kolesterol agar dapat dibuang bersama kotoran.
  5. Jantung pisang dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh. Jantung pisang juga bersifat antikoagulan yaitu dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Oleh karena itu, jantung pisang dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung dan stroke.
  6. Karena kaya akan serat, jantung pisang juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita sembelit dan ambeien.
Selain mengetahui manfaat jantung pisang untuk kesehatan, Anda juga harus tahu bahwa makanan olahan dari jantung pisang sangat enak untuk dimakan. Makanan olahan jantung pisang rasanya gurih dan manis. Jika diolah dengan benar, cita rasa makanan olahan jantung pisang tidak akan kalah dibandingkan dengan makanan yang berharga mahal. Jantung pisang biasanya diolah menjadi sayur lodeh, acar, ulam, urap, abon, sate, dendeng, digulai, ditumis, dan banyak lagi.

Demikian artikel tentang Guna Jantung Pisang, semoga bermanfaat bagi pengetahuan Anda lebih banyak lagi. Artikel yang berkaitan dengan Guna Jantung Pisang, kandungan gizi jantung pisang, manfaat jantung pisang, jantung pisang crispy, resep jantung pisang

Guna Jantung Pisang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown