Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

GUNA ANGIN

GUNA ANGIN
GUNA ANGIN

GUNA ANGIN -Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya.
- Al- Qur’an | Al-Hijr 15:22
GUNA ANGIN
Guna angin bagi makhluk hidup penghuni bumi sama seperti air. Air bisa mengurangi panas di permukaan bumi dari inti bumi yang membara, sementara angin mampu mengurangi panas akibat pancaran sinar matahari. Keduanya seperti sudah bekerja sama sehingga mampu menyediakan kehangatan di permukaan bumi sampai batas yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Hembusan angin yang terus-menerus bisa menjadikan awan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Awan yang berpindah-pindah akan menurunkan hujan tidak di satu tempat. Andaikan tak ada angin, awan akan menumpuk di satu tempat, dan hujan akan terus-menerus turun di situ, maka hujan tidak akan bermanfaat, bahkan sebaliknya, justru akan menjadi bencana untuk kehidupan.

Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuh)-nya kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.

- Al-Qur’an | An-Nahl 16:10-11
Turunnya “hujan dari langit” itu menyuburkan bumi hanya jika kadarnya pas, tidak kurang tidak lebih. Hal ini terpenuhi dengan mekanisme pergantian terang-hujan. Jika hujan terus, tentu tidak akan baik buat tanaman. Bahkan bisa menimbulkan banjir, menghancurkan rumah-rumah dan jembatan-jembatan. Sebaliknya, terus –terusan terang juga tidak akan baik buat bumi. Tanah jadi tandus, rumput-rumput mengering, tetumbuhan tak bisa berdaun dan berbuah, sungai-sungai pun jadi kering. Itu semua akibat yang bisa dibayangkan kalau tidak ada pergantian hujan-terang.

Nah, kalau pergantian keduanya seimbang seperti yang dirasa sekarang ini, bumi menjadi aman, subur, berkecukupan air, dan bisa dibangun peradaban di atasnya. Begitulah mekanisme kehendak Allah di semesta-Nya bekerja.

Untuk itu, jika terdapat bencana akibat hujan atau terang menimpa satu bagian bumi ini, tidak usah risau. Itu akibat manusia enggan menjaga mekanisme yang sudah bekerja untuk kebaikannya. Itu semua adalah nikmat, belas kasih dan anugerah Allah. Tinggal bagaimana menjaganya agar menjadi nikmat terus, atau mengutak-atiknya semau sendiri hingga menjadi bencana, begitu kira-kira hikmah yang bisa diambil.

Demikian artikel tentang GUNA ANGIN, semoga bermanfaat bagi Anda. Artikel yang berkaitan dengan GUNA ANGIN, pengertian angin, manfaat angin, kegunaan angin bagi manusia, manfaat energi angin, manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari


GUNA ANGIN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown