Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan

Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan
Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan

Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan –Berikut adalah khasiat, ciri, kandungan, manfaat / Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan tubuh untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahasa latin tumbuhan ini adalah Valeriana officinalis L. Mungkin bagi sebagian orang tidak tahu namanya, namun banyak sekali tersebar di daerah tropis seperti pulau Jawa. Tumbuhan ini sering disebut dengan valerian/kisaat. Bagian tanaman yang sering digunakan adalah akar dan daun.

Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia yang sudah diketahui seperti Minyak atsiri yang berisi ester borneol (campuran asam valerianat, butirat, asetat dan formiat), terpen, dipenten, terpineol dan bonilalkohol. Alkaloidaalkaloida katinina dan valerianina, Zat penvamak, lemak dan abu. Tanaman ini memiliki sifat Rasa agak pedas, agak pahit dan hangat. Akar bersifat penenang.

Budi daya : Perbanyakan tanaman dengan menggunakan anakan. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dg cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Khasiat dan kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan

Penyakit yang dapat disembuhkan yaitu : Keputihan dan Rasa Gelisah.
Mengatasi Keputihan
  1. Daun setengah genggam.
  2. Di rebus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas.
  3. Saring.
  4. minum 2 kali sehari.
Mengatasi rasa Gelisah
  1. Akar sedikit di tumbuk.
  2. Tambahkan air minum saring, 
  3. Minum.

Kegunaan tanaman ki saat bagi kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown