Blog kegunaan dan manfaat tanaman untuk kesehatan

Manfaat Buah Melon

Manfaat dan Khasiat Vitamin Buah Melon bagi tubuh kita -Buah melon memiliki nama latin Cucumis melo dan termasuk ke dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Melon masih memiliki ikatan saudara dengan semangka dan blewah.
Berat 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti, karbohidrat 14,8 gr, protein 1,55 gr, lemak 0,5 gr, potassium 546,9 mg, vitamin A 5.706,5 IU (mencukupi 64 persen kebutuhan vitmain A harian), dan vitamin C 74,7 mg (mencukupi 12 persen kebutuhan vitamin C harian).
Manfaat Vitamin Buah Melon untuk Kesehatan
Berikut ini beberapa khasiat buah melon untuk kesehatan, kecantikan dan membantu program diet.
Baik untuk Diet
Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet.
Anti Aging
Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.
Menjaga Kesehatan Mata
Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.
Anti Kanker
Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.
Mencegah Serangan Jantung
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.
Mencegah Impotensi
Buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah.

Manfaat Buah Melon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment